Loading...

15 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Rabu, 10 September 2014
Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan - Di dunia ini ada hampir 1300 jenis jeruk yang diketahui. Namun dari jumlah sebanyak itu, jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak manfaatnya bagi manusia. Manfaat jeruk nipis ini terutama dari kesehatan dan kecantikan.

Dari segi kesehatan, jeruk nipis merupakan buah berkhasiat yang kerapkali digunakan dalam ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Diantaranya radang tenggorokan, masalah buang air kecil, batuk, amandel, sembelit dan masih banyak lagi. Sementara dari bidang kecantikan, jeruk nipis sering digunakan sebagan bahan utama untuk produk-produk kosmetik.

 Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan
jeruk nipis 

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Menghilangkan Jerawat- Untuk membuat jus jeruk nipis, campurkan perasan jeruk nipis dengan air dingin dan minumlah setiap hari. Sementara itu, Anda juga dapat mengobati jerawat dengan mengaplikasikan jeruk nipis di wajah. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Merawat Kulit Wajah - Caranya adalah dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis di wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air sampai bersih. Cara ini dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin membuat kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur lalu oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat sampai bersih.

Memutihkan KulitWajah - Ramuan jeruk nipis dan kunyit biasa digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Bahan yang harus disiapkan adalah 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Caranya, Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sampai ke leher. Biarkan kering sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Merawat KesehatanRambut - Jeruk nipis juga bisa anda gunakan untuk merawat kesehatan rambut sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah rambut seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, yaitu hanya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih (dianjurkan untuk memakai shampo).

Menghilangkan BauBadan - Memang bau badan ini sangat mengganggu, tetapi jangan dulu khawatir karena jeruk ini bisa mengatasinya,dengan cara sebagai berikut: Potong satu jeruk nipis yang besar menjadi 2 belah bagian,olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih,kemudian oleskan di ketiak anda setelah habis mandi dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Baik untuk Diet - Jeruk nipis manis itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak. Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.

Melancarkan Pencernaan - Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

Sumber Vitamin - Jeruk kaya akan vitamin C yang mudah membantu memenuhi kebutuhan harian dalam bentuk alami. Seorang pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C setiap hari dan perempuan dewasa sekira 75 miligram. Karena setiap porsi jeruk nipis manis berisi minimal 50 miligram Vitamin C, Anda tak perlu khawatir untuk kebutuhan vitamin C setiap hari saat Anda menambahkan jeruk nipis manis di menu harian.

Sumber Mineral - Jeruk nipis manis sangat kaya akan mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Mengatasi sembelit - Jeruk dianggap buah terbaik untuk mengeluarkan racun dari saluran usus dan membantu membersihkan lurus. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis akan membantu memberikan pengobatan terhadap masalah sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

Mengobati penyakit kuning - Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.

Mengatasi masalah buang air kecil - Tingginya jumlah kandungan kalium dalam air jeruk nipis dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis sangat efektif menyembuhkan infeksi kandung kemih.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh - Rutin mengonsumsi jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi jantung dan akhirnya membuat sirkulasi darah meningkat, sehingga tubuh menjadi sehat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Batuk - Jika anda terserang batuk, segera cari jeruk nipis karena jeruk nipis ini salah satu obat batuk yang paling mujarab gini caranya,siapkan air hangat secukupnya lalu peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan kecap atau madu kemudian beri sedikit garam, aduk hingga merata dan saring. Jangan lupa minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk anda tersebut.

Mengobati Amandel - Anda pasti belum tau bahwa penyakit amandel bisa disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya cuci 3 jeruk nipis dengan air bersih, potong-potong menjadi bagian kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring, dalam keadaan yang hangat gunakan air tersebut untuk berkumur,lakukan 3-4 kali sehari.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan  semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca
Advertise Here
By bungfrangki.com
300x250

Click here for comments 0 komentar:

Terima kasih atas komentar Anda