Loading...

Manfaat Vitamin A Terpenting Bagi Tubuh Kita

Jumat, 22 Agustus 2014
Manfaat vitamin A bagi tubuh manusia - Vitamin A merupakan salah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Meski istilah vitamin A sering merujuk pada senyawa retinol, namun kelompok ini terdiri dari beberapa senyawa lain, yaitu retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O. 
Manfaat vitamin A bagi tubuh manusia
Manfaat vitamin A bagi tubuh manusia
Berikut ini adalah Manfaat vitamin A bagi tubuh manusia diantaranya.

Kesehatan Mata - Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

Antioksidan - Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

Sistem Imun  - Vitamin A juga berfungsi sebagai sistem inum eksternal yang melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Mencukupi asupan vitamin A harian berarti meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Kanker - Vitamin A mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

Penyembuhan Luka - Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Pertumbuhan - Vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.

Konsumsi Vitamin A

-   Dosis harian: 750 mcg
-   Gejala kekurangan vitamin A: Penglihatan berkurang, kulit kering.
-   Kelebihan vitamin A: Kerusakan hati, tulang, dan gangguan penglihatan. Tanda kelebihan vitamin A adalah telapak tangan dan kelopak mata berwarna kuning.
-  Makanan sumber vitamin A: Hati, wortel, produk susu, ubi merah, labu, mangga, bayam, brokoli, kangkung, keju cheddar, cabai.

nah itu serangkaian artikel yang bisa admin sampaikan mengenai Manfaat vitamin A bagi tubuh manusia semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca,
Advertise Here
By bungfrangki.com
300x250

Click here for comments 0 komentar:

Terima kasih atas komentar Anda